MAKALAH ANALISIS PROSES BISNIS

 

MAKALAH
ANALISIS PROSES BISNIS “MEBEL LUAY FURNITURE”

 

Disusun Guna Memenuhi Tugas Kelompok Mata Kuliah Analisis Proses Bisnis
Dosen Pengampu: Danang Mahendra, M.Kom



Disusun Oleh:
Kelompok 4

  1. Dinda Sahita Lestari              (181250000245)
  2. M. Khoirur Rozikin               (181250000247)
  3. M. Zulfa Syarifuddin             (181250000248)
  4. Aulya Shabrina Aisyane         (181250000251)
  5. Azwar Nor Fadli                     (181250000285)
  6. Khoirul Hidayat Saputra         (181250000288)

 






 

PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA JEPARA
TAHUN AKADEMIK 2019/2020

 

  

        Alhamdulillah hirobbil’alamin,  rasa syukur peneliti ucapkan kepada Allah swt yang telah memberikan kekuatan, ketabahan, dan ilmu yang bermanfaat kepada peneliti sehingga tim penulis dapat menyusun sebuah Makalah untuk memenuhi tugas Analisis Proses Bisnis.

            Allah Humma Sholli’Ala Saidina Muhammad Wa’Ala Ali saidina Muhammad peneliti ucapkan kepada permata ayahanda Abdullah, Mutiara ibunda Aminah, yakni junjungan alam Nabi besar Muhammad saw. Nabi Muhammad saw yang telah membawa umatnya dari alam jahiliah,  dari alam yang gelap, menuju alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan yang disinari iman dan islam, seperti yang kita rasakan sekarang ini. Dalam kesempatan ini, tim penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu tim penulis menyusun dan menyelesaikan makalah ini, terutama pada pembimbing dan teman-teman.

            Tim Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Kepada kaum cendekiawan dimohonkan tegur sapa apabila menemukan kejanggalan dalam makalah ini, untuk dijadikan pegangan dan upaya peningkatan selanjutnya agar menjadi lebih baik lagi.

            Akhirnya, tim penulis berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang sempat membaca makalah ini pada umumnya dan bagi tim sendiri khususnya.

 

 

Jepara, 07 Januari 2020

 

 

       Tim Penulis

 

 

 

 

                               

HALAMAN JUDUL...............................................................................................i

KATA PENGANTAR.. ii

DAFTAR ISI. iii

BAB I PENDAHULUAN.. 1

1.1      Latar Belakang. 1

1.2      Analisis Bisnis. 1

1.3      Rumusan Masalah. 2

1.4      Tujuan Penulisan. 2

BAB II PEMBAHASAN.. 3

2.1      Pengertian Analisis Proses Bisnis. 3

2.2      Struktur Tabel Luay Furniture. 3

2.3      Perancangan Basis Data pada Luay Furniture. 7

2.4      Proses Pemesanan dan Flowchart Pemesanan Luay Furniture. 7

2.4      Proses Produksi dan Flowchart Produksi Luay Furniture. 9

2.5      Proses Pengiriman dan Flowchart Pengiriman Luay Furniture. 10

2.6      Sistem yang Diusulkan Untuk Luay Furniture. 12

BAB III PENUTUP.. 15

3.1      Simpulan. 15

3.2      Saran. 15

DAFTAR PUSTAKA.. 16

 

 


 

  

 

Analisis proses bisnis memberikan kita informasi mengenai bagaimana analisa yang telah dilakukan tentang proses bisnis yang dijalankan oleh perusahaan maupun umkm dalam kurun waktu tertentu. Di dalam proses bisnis, memang sudah diluangkan waktu dan periode untuk membuat sebuah analisa proses bisnis yang telah dijalankan. Proses bisnis adalah suatu rangkaian kegiatan atau tugas yang dijalankan di dalam sebuah institusi produksi tertentu yang memiliki tujuan untuk menghasilkan input yang baik berupa barang atau jasa yang nantinya akan di distribusikan kepada konsumen. Tentunya di dalam menjalankan proses bisnis ini, sebuah perusahaan mempunyai rencana kerja. Salah satu analisis proses bisnis yang ada yaitu mebel. Dengan adanya bantuan analisis bisnis memudahkan pemilik untuk mengatur segala kinerja yang ada.

1.2  Analisis Bisnis

Dari observasi langsung yang kelompok kami lakukan, maka terbentuklah analisis bisnis sebagai berikut;

Hasil wawancara yang kami lakukan di mebel Luay Furniture tepatnya di Bawu Jepara, pemilik  mebel Luay Furniture masih menggunakan sistem manual. Pembeli jika ingin membeli barang di mebel ini datang dan memesan apa yang mereka inginkan dan juga dapat dilakukan secara online. Untuk yang secsra online mereka dapat melihat foto dan memesannya serta membayar depan muka 50%. Untuk gaji sendiri kepada karyawan dilakukan dengan borongan setiap hari. Transaksi yang dilakukan dengan membayar depan muka  dulu baru di proses dan barang akan dikirim bila sudah jadi. Sehingga kita dapat membuat rancangan mebel tersebut yaitu gaji karyawan dan cara melayani transaksi pembeli atau pemesan yang dilakukan sendiri oleh pemilik.

 

1.3 Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas maka didapatkan rumusan masalah sebagai berikut;

1.      Apa pengertian analisis proses bisnis?

2.      Bagaimana struktur tabel dari luay furniture?

3.      Bagaimana proses produksi dan flowchart dari luay furniture?

4.      Bagaimana proses pemesanan dan flowchart dari luay furniture?

5.      Bagaimana proses pengiriman serta flowchart dari luay furniture?

6.      Bagaiman struktur sistem yang diusulkan dan flowchart untuk luay furniture?

1.4  Tujuan Penulisan

Dari rumusan masalah diatas maka didapatkan tujuan penulisan sebagai berikut;

1.      Mengetahui pengertian analisis proses bisnis

2.      Mengetahui struktur tabel dari luay furniture

3.      Mengetahui proses produksi dan flochart dari luay furniture

4.      Mengetahui proses pemesanan dan flowchart dari luay furniture

5.      Mengetahui proses pengiriman serta flowchart dari luay furniture

6.      Mengetahui struktur sistem yang diusulkan dan flowchart untuk luay furniture

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.1  Pengertian Analisis Proses Bisnis

Proses bisnis adalah kumpulan dari tugas atau aktivitas yang terstruktur yang dapat menghasilkan layanan atau produk tertentu untuk satu atau banyak konsumen. Proses bisnis dijelaskan secara terinci dalam bentuk aktifitas tertentu yang disebut peristiwa (event). Analisis proses bisnis adalah Kajian yang dilakukan untuk mengetahui urutan pelaksanaan kegiatan dalam suatu organisasi yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan menggunakan berbagai sumber daya. Analisis proses bisnis umumnya melibatkan pemetaan proses dan subproses di dalamnya hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan.

2.2 Struktur Tabel Luay Furniture

Struktur Tabel

1.      File Barang

Nama              : File Barang

Deskripsi        : Tempat penyimpanan data barang

Primary Key   : id_barang

No

Barang

Type

Size

Ket

1.

id_barang

Char

4

Primary Key

2.

nama_barang

Varchar

25

 

3.

jenis_barang

Varchar

25

 

4.

ukuran_barang

Varchar

12

 

5.

harga_barang

Integer

10

 

 

 

 

 

 

2.      File Owner

Nama              : File Owner

Deskripsi        : Tempat penyimpanan data Owner

Primary Key   : id_owner

 

 

No

Nama Field

Type

Size

Ket

1.

id_owner

Char

4

Primary Key

2.

nama_owner

Varchar

25

 

3.

nohp_owner

Varchar

15

 

4.

norekening_owner

Integer

15

 

5.

alamat_owner

Integer

20

 

 

3.      File Pemesanan

Nama              : File Pemesanan

Deskripsi        : Tempat penyimpanan data pesanan

Primary Key   : id_pemesanan

No

Nama Field

Type

Size

Ket

1.

id_pemesanan

Varchar

4

Primary Key

1.

nama_barang

Varchar

25

 

3.

jumlah_pesanan

Integer

4

 

4.

total_harga

Integer

15

 

5.

ongkos_kirim

Integer

15

 

6.

metode_bayar

Varchar

20

 

7.

status_bayar

Varchar

10

 

8.

tanggal_pesan

Date

 

 

9.

alamat_pelanggan

Varchar

25

 

 

4.      File Pelanggan

Nama              : File Pelanggan

Deskripsi        : Tempat penyimpanan data pelanggan

Primary Key   : id_pelanggan

No

Nama Field

Type

Size

Ket

1.

id_pelanggan

Char

4

Primary Key

1.

nama_pelanggan

Varchar

25

 

2.

alamat_pelanggan

Varchar

25

 

3.

nohp_pelanggan

Varchar

15

 

4.

norekening_pelanggan

Integer

15

 

 

5.      File Pengiriman Barang

Nama              : File Pengiriman Barang

Deskripsi        : Tempat penyimpanan data pengiriman barang

Primary Key   : id_pengiriman

No

Nama Field

Type

Size

Ket

1.

id_pelanggan

Char

4

Primary Key

2.

alamat_pelanggan

Varchar

25

 

3.

jenis_pengiriman

Varchar

25

 

4.

ongkos_kirim

Varchar

15

 

5.

tanggal_kirim

Date

 

 

6.

tanggal_sampai

Date

 

 

 

6.      File Ekspedisi Truk

Nama              : File Ekspedisi

Deskripsi        : Tempat penyimpanan data ekspedisi truk

Primary Key   : id_ekspedisi

No

Nama Field

Type

Size

Ket

1.

id_ekspedisi

Char

4

Primary Key

2.

nama_ekspedisi

Varchar

25

 

3.

nohp_ekspedisi

Varchar

15

 

4.

alamat_ekspedisi

Integer

20

 

 

 

        7.      File Produksi

Nama              : File Produksi

Deskripsi        : Tempat penyimpanan data produksi

Primary Key   : id_produksi

 

No

Nama Field

Type

Size

Ket

1.

id_produksi

Char

4

Primary Key

2.

waktu_produksi

Integer

2

 

2.

uang_muka

Integer

15

 

3.

uang_pelunasan

Integer

15

 

4.

uang_packing

Integer

25

 

 

8.      File Pengrajin

Nama              : File Pengrajin

Deskripsi        : Tempat penyimpanan data pengrajin

Primary Key   : id_pengrajin

No

Pengrajin

Type

Size

Ket

1.

id_pengrajin

Char

4

Primary Key

2.

nama_pengrajin

Varchar

25

 

3.

nohp_pengrajin

Integer

15

 

4.

alamat_pengrajin

Integer

20

 

 

 

     2.3 Perancangan Basis Data pada Luay Furniture

Berikut ini merupakan perancangan basis data pada luay furniture;

Gambar 1.1 Perancangan Basis Data

2.4 Proses Pemesanan dan Flowchart Pemesanan Luay Furniture

Proses Pemesanan Produk

1.      Pelanggan membuka situs instagram milik @luay_furniture

2.      Pelanggan mencari produk yang diinginkan

3.      Jika produk sesuai dengan pilihan, pelanggan dapat menghubungi owner dan apabila produk belum sesuai pilihan, maka bisa mencari produk lain yang ada di @luay_furniture

4.      Setelah itu pelanggan melakukan negosiasi harga dengan owner

5.      Apabila harga telah sesuai kesepakatan, maka pelanggann dapat langsung memesan produk

6.      Setelah memesan produk, pelanggan harus membayar uang DP sebesar 50% dari harga produk sebagai tanda jadi

7.      Pada saat pembayaran DP, pelanggan dapat memilih metode pembayaran, bisa lewat transfer bank ataupun secara tunai

8.      Jika pelanggan membayar DP secara tunai, pelanggan harus datang ke tempat (workshop) luay_furniture

9.      Setelah melakukan pembayaran DP, pelanggan melakukan konfirmasi pembayaran dengan owner

10.  Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, pelanggan akan mendapatkan bukti pembayaran dari owner

 

Flowchart Pemesanan

Dibawah ini adalah gambaran dari flowchart pemesanan produk;

Gambar 1.2 Flowchart Pemesanan

2.4 Proses Produksi dan Flowchart Produksi Luay Furniture

Proses Produksi

1.      Proses yang pertama yaitu owner mencari pengrajin yang siap membuat barang pesanan pelanggan.

2.      Setelah mendapatkan pengrajin, owner membayar DP kepada pengrajin sebagai tanda jadi.

3.      Selanjutnya adalah proses produksi barang, proses ini biasanya berlangsung selama 4-8 minggu, tergantung dari tingkat kesulitan barang.

4.      Selama proses produksi berjalan, owner dapat memantau, sejauh mana proses produksi berlangsung.

5.      Setelah produksi selesai, maka barang pesanan pelanggan pun jadi. Dan owner diharuskan untuk melakukan pelunasan pembayaran.

6.      Kemudian proses yang terakhir adalah pengepackan barang, biasanya menggunakan kardus bekas yang didalamnya dilapisi oleh single face untuk menghindari resiko cacat saat dalam pengiriman.

 

  Flowchart Produksi

Dibawah ini adalah gambaran dari flowchart produksi;

Gambar 1.3 Flowchart Produksi

2.5 Proses Pengiriman dan Flowchart Pengiriman Luay Furniture

Proses Pengiriman Produk

1.      Proses dimulai dari penginputan data pengirim dan data penerima oleh petugas pengiriman.

2.      Setelah itu dilanjutkan pengisian form pengiriman.

3.      Petugas menginputkan kota tujuan terlebih dahulu, lalu pengirim memilih jenis layanan apa yang akan digunakan.

4.      Setelah jenis layanan terpilih maka dilanjutkan pengisian data barang yang akan dikirim.

5.      Sebelum melanjutkan ke proses berikutnya, pengirim harus membayarkan terlebih dahulu   ongkos kirimnya.  

6.      Setelah uang diterima petugas, pengirim mendapatkan kwitansi pembayaran, yang nantinya akan diolah menjadi laporan pengiriman barang.

7.      Lalu, dilanjutkan ke pengantaran paket kepada tujuan.

8.      Setelah barang sampai ditempat penerima, penerima barang akan mendapatkan tanda terima.

Flowchart Pengiriman                                                                             Dibawah ini adalah gambaran dari flowchart pemesanan produk;

Gambar 1.4 Flowchart Pengiriman

2.6 Sistem yang Diusulkan Untuk Luay Furniture

Proses Sistem yang Diusulkan

1.      Pelanggan membuka situs instagram milik @luay_furniture

2.      Pelanggan mencari produk sesuai pilihan

3.      Jika produk sesuai dengan pilihan, pelanggan dapat menghubungi owner dan apabila produk belum sesuai pilihan, maka bisa mencari produk lain yang ada di @luay_furniture

4.      Setelah itu pelanggan melakukan negosiasi harga dengan owner

5.      Apabila harga telah sesuai kesepakatan, maka pelanggann dapat langsung memesan produk kepada owner

6.      Setelah memesan produk, pelanggan harus membayar uang DP sebesar 50% dari harga produk sebagai tanda jadi

7.      Setelah melakukan pembayaran DP, pelanggan melakukan konfirmasi pembayaran dengan cara memperlihatkan bukti pembayaran kepada owner

8.      Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, maka owner akan segera memproses barang pesanan kepada pengerajin

9.      Kemudian owner memberikan DP kepada pengerajin untuk proses awal pengerjaan

10.  Setelah DP diterima oleh pengerajin maka pengerajin akan segera memproses pesanan

11.  Dalam pengerjaan pesanan owner akan sering memantau perkembangan barang pesanan sampai jadi

12.  Setelah barang pesanan jadi maka owner akan segera melakukan pelunasan barang kepada pengerajin

13.  Setelah itu pengerajin akan melakukan pengepackan barang pesanan tersebut

14.  Kemudian owner akan melakukan konfirmasi kepada pelanggan kalau barang pesanan sudah jadi dan dalam proses pengepackan

15.  Setelah itu pelanggan harus melakukan pelunasan, agar barang pesanan segera di  kirimkan

16.  Setelah melakukan pembayaran, pelanggan melakukan konfirmasi pembayaran dengan cara memperlihatkan bukti pembayaran kepada owner

17.  Kemudian owner akan segera melakukan pengiriman paket kepada pelanggan

18.  Dan owner akan memperlihatkan nota ekspedisi pengiriman kepada pelangggan

19.  Setelah barang sampai ditempat penerima, penerima barang akan mendapatkan tanda terima.

 

 

 

 Flowchart Sistem yang Diusulkan

Dibawah ini adalah flowchart sistem yang diusulkan;

Gambar 1.5 Flowchart yang Diusulkan

 

 


 


 

 

 

3.1  Simpulan

Dalam analisis proses bisnis kita harus mengerti apa yang dimaksud dengan proses bisnis dan analisis proses bisnis. Proses bisnis adalah kumpulan dari tugas atau aktivitas yang terstruktur yang dapat menghasilkan layanan atau produk tertentu untuk satu atau banyak konsumen. Analisis proses bisnis adalah aktivitas yang dilakukan untuk mengkaji proses bisnisyang sudah ada dan menerapkan berbagai ilmu praktis yang dapat membantu mengubah dan meningkatkan proses. Dalam wawancara yang sudah kami lakukan yaitu di mebel untuk penggunaan sistemnya masih sangat manual yaitu pembeli memesan langsung ke pemilik atau owner, kemudian dari sanalah terjadi proses transaksi sampai dengan penggajian karyawan. Setelah kita analisis bisnisnya baru membuat langkah-langkah bagaimana proses bisnis tersebut dilakukan dan sistem yang kita buat.

3.2  Saran

Untuk memebuat analisis proses bisnis harus mengerti sistem seperti apa yang akan kita buat, karena sistem yang sebelumnya hanya menggunakan online kita bisa membuatkan sebuah sistem .

 

 

 


 

  

 

Ritchi, Hamzah. 2009. Identifikasi Pengendalian Aplikasi dalam Analisis Proses Bisnis .

Siska Komala Sari, Asniar. 2015. "Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis Prosedur Pelaksanaan Proyek Akhir Sebagai Alat Bantu Identifikasi Kebutuhan Sistem." Infotel 143-152.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

FOTO WAWANCARA

 

0 Comments