MAKALAH
ANALISIS PROSES BISNIS “MEBEL LUAY
FURNITURE”
Disusun
Guna Memenuhi Tugas Kelompok Mata Kuliah Analisis Proses Bisnis
Dosen Pengampu: Danang Mahendra, M.Kom
Disusun
Oleh:
Kelompok 4
- Dinda Sahita Lestari (181250000245)
- M. Khoirur Rozikin (181250000247)
- M. Zulfa Syarifuddin (181250000248)
- Aulya Shabrina Aisyane (181250000251)
- Azwar Nor Fadli (181250000285)
- Khoirul Hidayat Saputra (181250000288)
PROGRAM STUDI SISTEM
INFORMASI
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA JEPARA
TAHUN AKADEMIK 2019/2020
Alhamdulillah hirobbil’alamin, rasa syukur peneliti ucapkan kepada Allah swt yang telah memberikan kekuatan, ketabahan, dan ilmu yang bermanfaat kepada peneliti sehingga tim penulis dapat menyusun sebuah Makalah untuk memenuhi tugas Analisis Proses Bisnis.
Allah Humma Sholli’Ala Saidina Muhammad Wa’Ala Ali saidina Muhammad peneliti ucapkan kepada permata ayahanda Abdullah, Mutiara ibunda Aminah, yakni junjungan alam Nabi besar Muhammad saw. Nabi Muhammad saw yang telah membawa umatnya dari alam jahiliah, dari alam yang gelap, menuju alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan yang disinari iman dan islam, seperti yang kita rasakan sekarang ini. Dalam kesempatan ini, tim penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu tim penulis menyusun dan menyelesaikan makalah ini, terutama pada pembimbing dan teman-teman.
Tim Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Kepada kaum cendekiawan dimohonkan tegur sapa apabila menemukan kejanggalan dalam makalah ini, untuk dijadikan pegangan dan upaya peningkatan selanjutnya agar menjadi lebih baik lagi.
Akhirnya, tim penulis berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang sempat membaca makalah ini pada umumnya dan bagi tim sendiri khususnya.
Jepara, 07 Januari 2020
Tim Penulis
HALAMAN JUDUL...............................................................................................i
2.1 Pengertian Analisis Proses Bisnis
2.2 Struktur Tabel Luay Furniture
2.3 Perancangan Basis Data pada Luay Furniture
2.4 Proses Pemesanan dan Flowchart Pemesanan Luay Furniture
2.4 Proses Produksi dan Flowchart Produksi Luay Furniture
2.5 Proses Pengiriman dan Flowchart Pengiriman Luay Furniture
2.6 Sistem yang Diusulkan Untuk Luay Furniture
Analisis proses bisnis memberikan kita informasi mengenai bagaimana analisa yang telah dilakukan tentang proses bisnis yang dijalankan oleh perusahaan maupun umkm dalam kurun waktu tertentu. Di dalam proses bisnis, memang sudah diluangkan waktu dan periode untuk membuat sebuah analisa proses bisnis yang telah dijalankan. Proses bisnis adalah suatu rangkaian kegiatan atau tugas yang dijalankan di dalam sebuah institusi produksi tertentu yang memiliki tujuan untuk menghasilkan input yang baik berupa barang atau jasa yang nantinya akan di distribusikan kepada konsumen. Tentunya di dalam menjalankan proses bisnis ini, sebuah perusahaan mempunyai rencana kerja. Salah satu analisis proses bisnis yang ada yaitu mebel. Dengan adanya bantuan analisis bisnis memudahkan pemilik untuk mengatur segala kinerja yang ada.
1.2 Analisis Bisnis
Dari observasi langsung yang kelompok kami lakukan, maka terbentuklah analisis bisnis sebagai berikut;
Hasil wawancara yang kami lakukan di mebel Luay Furniture tepatnya di Bawu Jepara, pemilik mebel Luay Furniture masih menggunakan sistem manual. Pembeli jika ingin membeli barang di mebel ini datang dan memesan apa yang mereka inginkan dan juga dapat dilakukan secara online. Untuk yang secsra online mereka dapat melihat foto dan memesannya serta membayar depan muka 50%. Untuk gaji sendiri kepada karyawan dilakukan dengan borongan setiap hari. Transaksi yang dilakukan dengan membayar depan muka dulu baru di proses dan barang akan dikirim bila sudah jadi. Sehingga kita dapat membuat rancangan mebel tersebut yaitu gaji karyawan dan cara melayani transaksi pembeli atau pemesan yang dilakukan sendiri oleh pemilik.
1.3 Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas maka didapatkan rumusan masalah sebagai berikut;
1. Apa pengertian analisis proses bisnis?
2. Bagaimana struktur tabel dari luay furniture?
3. Bagaimana proses produksi dan flowchart dari luay furniture?
4. Bagaimana proses pemesanan dan flowchart dari luay furniture?
5. Bagaimana proses pengiriman serta flowchart dari luay furniture?
6. Bagaiman struktur sistem yang diusulkan dan flowchart untuk luay furniture?
1.4 Tujuan Penulisan
Dari rumusan masalah diatas maka didapatkan tujuan penulisan sebagai berikut;
1. Mengetahui pengertian analisis proses bisnis
2. Mengetahui struktur tabel dari luay furniture
3. Mengetahui proses produksi dan flochart dari luay furniture
4. Mengetahui proses pemesanan dan flowchart dari luay furniture
5. Mengetahui proses pengiriman serta flowchart dari luay furniture
6. Mengetahui struktur sistem yang diusulkan dan flowchart untuk luay furniture
2.1 Pengertian Analisis Proses Bisnis
Proses bisnis adalah kumpulan dari tugas atau aktivitas yang terstruktur yang dapat menghasilkan layanan atau produk tertentu untuk satu atau banyak konsumen. Proses bisnis dijelaskan secara terinci dalam bentuk aktifitas tertentu yang disebut peristiwa (event). Analisis proses bisnis adalah Kajian yang dilakukan untuk mengetahui urutan pelaksanaan kegiatan dalam suatu organisasi yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan menggunakan berbagai sumber daya. Analisis proses bisnis umumnya melibatkan pemetaan proses dan subproses di dalamnya hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan.
2.2 Struktur Tabel Luay Furniture
Struktur Tabel
1. File Barang
Nama : File Barang
Deskripsi : Tempat penyimpanan data barang
Primary Key : id_barang
|
No |
Barang |
Type |
Size |
Ket |
|
1. |
id_barang |
Char |
4 |
Primary Key |
|
2. |
nama_barang |
Varchar |
25 |
|
|
3. |
jenis_barang |
Varchar |
25 |
|
|
4. |
ukuran_barang |
Varchar |
12 |
|
|
5. |
harga_barang |
Integer |
10 |
|
2. File Owner
Nama : File Owner
Deskripsi : Tempat penyimpanan data Owner
Primary Key : id_owner
|
No |
Nama Field |
Type |
Size |
Ket |
|
1. |
id_owner |
Char |
4 |
Primary Key |
|
2. |
nama_owner |
Varchar |
25 |
|
|
3. |
nohp_owner |
Varchar |
15 |
|
|
4. |
norekening_owner |
Integer |
15 |
|
|
5. |
alamat_owner |
Integer |
20 |
|
3. File Pemesanan
Nama : File Pemesanan
Deskripsi : Tempat penyimpanan data pesanan
Primary Key : id_pemesanan
|
No |
Nama Field |
Type |
Size |
Ket |
|
1. |
id_pemesanan |
Varchar |
4 |
Primary Key |
|
1. |
nama_barang |
Varchar |
25 |
|
|
3. |
jumlah_pesanan |
Integer |
4 |
|
|
4. |
total_harga |
Integer |
15 |
|
|
5. |
ongkos_kirim |
Integer |
15 |
|
|
6. |
metode_bayar |
Varchar |
20 |
|
|
7. |
status_bayar |
Varchar |
10 |
|
|
8. |
tanggal_pesan |
Date |
|
|
|
9. |
alamat_pelanggan |
Varchar |
25 |
|
4. File Pelanggan
Nama : File Pelanggan
Deskripsi : Tempat penyimpanan data pelanggan
Primary Key : id_pelanggan
|
No |
Nama Field |
Type |
Size |
Ket |
|
1. |
id_pelanggan |
Char |
4 |
Primary Key |
|
1. |
nama_pelanggan |
Varchar |
25 |
|
|
2. |
alamat_pelanggan |
Varchar |
25 |
|
|
3. |
nohp_pelanggan |
Varchar |
15 |
|
|
4. |
norekening_pelanggan |
Integer |
15 |
|
5. File Pengiriman Barang
Nama : File Pengiriman Barang
Deskripsi : Tempat penyimpanan data pengiriman barang
Primary Key : id_pengiriman
|
No |
Nama Field |
Type |
Size |
Ket |
|
1. |
id_pelanggan |
Char |
4 |
Primary Key |
|
2. |
alamat_pelanggan |
Varchar |
25 |
|
|
3. |
jenis_pengiriman |
Varchar |
25 |
|
|
4. |
ongkos_kirim |
Varchar |
15 |
|
|
5. |
tanggal_kirim |
Date |
|
|
|
6. |
tanggal_sampai |
Date |
|
|
6. File Ekspedisi Truk
Nama : File Ekspedisi
Deskripsi : Tempat penyimpanan data ekspedisi truk
Primary Key : id_ekspedisi
|
No |
Nama Field |
Type |
Size |
Ket |
|
1. |
id_ekspedisi |
Char |
4 |
Primary Key |
|
2. |
nama_ekspedisi |
Varchar |
25 |
|
|
3. |
nohp_ekspedisi |
Varchar |
15 |
|
|
4. |
alamat_ekspedisi |
Integer |
20 |
|
7. File Produksi
Nama : File Produksi
Deskripsi : Tempat penyimpanan data produksi
Primary Key : id_produksi
|
No |
Nama Field |
Type |
Size |
Ket |
|
1. |
id_produksi |
Char |
4 |
Primary Key |
|
2. |
waktu_produksi |
Integer |
2 |
|
|
2. |
uang_muka |
Integer |
15 |
|
|
3. |
uang_pelunasan |
Integer |
15 |
|
|
4. |
uang_packing |
Integer |
25 |
|
8. File Pengrajin
Nama : File Pengrajin
Deskripsi : Tempat penyimpanan data pengrajin
Primary Key : id_pengrajin
|
No |
Pengrajin |
Type |
Size |
Ket |
|
1. |
id_pengrajin |
Char |
4 |
Primary Key |
|
2. |
nama_pengrajin |
Varchar |
25 |
|
|
3. |
nohp_pengrajin |
Integer |
15 |
|
|
4. |
alamat_pengrajin |
Integer |
20 |
|
2.3 Perancangan Basis Data pada Luay Furniture
Berikut ini merupakan perancangan basis data pada luay furniture;

Gambar 1.1 Perancangan Basis Data
2.4 Proses Pemesanan dan Flowchart Pemesanan Luay Furniture
Proses Pemesanan Produk
1. Pelanggan membuka situs instagram milik @luay_furniture
2. Pelanggan mencari produk yang diinginkan
3. Jika produk sesuai dengan pilihan, pelanggan dapat menghubungi owner dan apabila produk belum sesuai pilihan, maka bisa mencari produk lain yang ada di @luay_furniture
4. Setelah itu pelanggan melakukan negosiasi harga dengan owner
5. Apabila harga telah sesuai kesepakatan, maka pelanggann dapat langsung memesan produk
6. Setelah memesan produk, pelanggan harus membayar uang DP sebesar 50% dari harga produk sebagai tanda jadi
7. Pada saat pembayaran DP, pelanggan dapat memilih metode pembayaran, bisa lewat transfer bank ataupun secara tunai
8. Jika pelanggan membayar DP secara tunai, pelanggan harus datang ke tempat (workshop) luay_furniture
9. Setelah melakukan pembayaran DP, pelanggan melakukan konfirmasi pembayaran dengan owner
10. Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, pelanggan akan mendapatkan bukti pembayaran dari owner
Flowchart Pemesanan
Dibawah ini adalah gambaran dari flowchart pemesanan produk;

Gambar 1.2 Flowchart Pemesanan
2.4 Proses Produksi dan Flowchart Produksi Luay Furniture
Proses Produksi
1. Proses yang pertama yaitu owner mencari pengrajin yang siap membuat barang pesanan pelanggan.
2. Setelah mendapatkan pengrajin, owner membayar DP kepada pengrajin sebagai tanda jadi.
3. Selanjutnya adalah proses produksi barang, proses ini biasanya berlangsung selama 4-8 minggu, tergantung dari tingkat kesulitan barang.
4. Selama proses produksi berjalan, owner dapat memantau, sejauh mana proses produksi berlangsung.
5. Setelah produksi selesai, maka barang pesanan pelanggan pun jadi. Dan owner diharuskan untuk melakukan pelunasan pembayaran.
6. Kemudian proses yang terakhir adalah pengepackan barang, biasanya menggunakan kardus bekas yang didalamnya dilapisi oleh single face untuk menghindari resiko cacat saat dalam pengiriman.
Flowchart Produksi
Dibawah ini adalah gambaran dari flowchart produksi;

Gambar 1.3 Flowchart Produksi
2.5 Proses Pengiriman dan Flowchart Pengiriman Luay Furniture
Proses Pengiriman Produk
1. Proses dimulai dari penginputan data pengirim dan data penerima oleh petugas pengiriman.
2. Setelah itu dilanjutkan pengisian form pengiriman.
3. Petugas menginputkan kota tujuan terlebih dahulu, lalu pengirim memilih jenis layanan apa yang akan digunakan.
4. Setelah jenis layanan terpilih maka dilanjutkan pengisian data barang yang akan dikirim.
5. Sebelum melanjutkan ke proses berikutnya, pengirim harus membayarkan terlebih dahulu ongkos kirimnya.
6. Setelah uang diterima petugas, pengirim mendapatkan kwitansi pembayaran, yang nantinya akan diolah menjadi laporan pengiriman barang.
7. Lalu, dilanjutkan ke pengantaran paket kepada tujuan.
8. Setelah barang sampai ditempat penerima, penerima barang akan mendapatkan tanda terima.
Flowchart Pengiriman Dibawah ini adalah gambaran dari flowchart pemesanan produk;

Gambar 1.4 Flowchart Pengiriman
2.6 Sistem yang Diusulkan Untuk Luay Furniture
Proses Sistem yang Diusulkan
1. Pelanggan membuka situs instagram milik @luay_furniture
2. Pelanggan mencari produk sesuai pilihan
3. Jika produk sesuai dengan pilihan, pelanggan dapat menghubungi owner dan apabila produk belum sesuai pilihan, maka bisa mencari produk lain yang ada di @luay_furniture
4. Setelah itu pelanggan melakukan negosiasi harga dengan owner
5. Apabila harga telah sesuai kesepakatan, maka pelanggann dapat langsung memesan produk kepada owner
6. Setelah memesan produk, pelanggan harus membayar uang DP sebesar 50% dari harga produk sebagai tanda jadi
7. Setelah melakukan pembayaran DP, pelanggan melakukan konfirmasi pembayaran dengan cara memperlihatkan bukti pembayaran kepada owner
8. Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, maka owner akan segera memproses barang pesanan kepada pengerajin
9. Kemudian owner memberikan DP kepada pengerajin untuk proses awal pengerjaan
10. Setelah DP diterima oleh pengerajin maka pengerajin akan segera memproses pesanan
11. Dalam pengerjaan pesanan owner akan sering memantau perkembangan barang pesanan sampai jadi
12. Setelah barang pesanan jadi maka owner akan segera melakukan pelunasan barang kepada pengerajin
13. Setelah itu pengerajin akan melakukan pengepackan barang pesanan tersebut
14. Kemudian owner akan melakukan konfirmasi kepada pelanggan kalau barang pesanan sudah jadi dan dalam proses pengepackan
15. Setelah itu pelanggan harus melakukan pelunasan, agar barang pesanan segera di kirimkan
16. Setelah melakukan pembayaran, pelanggan melakukan konfirmasi pembayaran dengan cara memperlihatkan bukti pembayaran kepada owner
17. Kemudian owner akan segera melakukan pengiriman paket kepada pelanggan
18. Dan owner akan memperlihatkan nota ekspedisi pengiriman kepada pelangggan
19. Setelah barang sampai ditempat penerima, penerima barang akan mendapatkan tanda terima.
Flowchart Sistem yang Diusulkan
Dibawah ini adalah flowchart sistem yang diusulkan;

Gambar 1.5 Flowchart yang Diusulkan
3.1 Simpulan
Dalam analisis proses bisnis kita harus mengerti apa yang dimaksud dengan proses bisnis dan analisis proses bisnis. Proses bisnis adalah kumpulan dari tugas atau aktivitas yang terstruktur yang dapat menghasilkan layanan atau produk tertentu untuk satu atau banyak konsumen. Analisis proses bisnis adalah aktivitas yang dilakukan untuk mengkaji proses bisnisyang sudah ada dan menerapkan berbagai ilmu praktis yang dapat membantu mengubah dan meningkatkan proses. Dalam wawancara yang sudah kami lakukan yaitu di mebel untuk penggunaan sistemnya masih sangat manual yaitu pembeli memesan langsung ke pemilik atau owner, kemudian dari sanalah terjadi proses transaksi sampai dengan penggajian karyawan. Setelah kita analisis bisnisnya baru membuat langkah-langkah bagaimana proses bisnis tersebut dilakukan dan sistem yang kita buat.
3.2 Saran
Untuk memebuat analisis proses bisnis harus mengerti sistem seperti apa yang akan kita buat, karena sistem yang sebelumnya hanya menggunakan online kita bisa membuatkan sebuah sistem .
|
|
Ritchi, Hamzah. 2009. Identifikasi Pengendalian Aplikasi dalam Analisis Proses Bisnis .
Siska Komala Sari, Asniar. 2015. "Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis Prosedur Pelaksanaan Proyek Akhir Sebagai Alat Bantu Identifikasi Kebutuhan Sistem." Infotel 143-152.
|
|
FOTO WAWANCARA




0 Comments